sore ini… aku diminta bantu seorang begawan kantor, “suhu”-nya para orang pinter2 di kantorku. Beliau adalah pak cd. sumarto, pakarnya bendungan. walaupun harus naik-turun-naik-turun dari lante 4 ke lante 2, aku lakoni dengan senang, secara disuruh bantu orang sekaliber beliau…

Sebenarnya bukan bantu apanya sih, beliau saat ini diminta curahan tenaganya untuk bantu salah satu proyek yang lagi jalan, kebetulan sedang ada revisi “dikiiiiit….”. salah satunya bagian strukturnya. secara pas yang desain lama perhitungan strukturnya pake sopwer StaadPro. Dan ternyata beliaunya baru pertama ini ngoperasikan sopwer itu. Berhubung mas iwan (suhu-ku yang laen…) gak ada, aq bantu2 beliau dikit.

Sebenarnya bukan masalah bantuan ini yang pengen kutulis… Nah pada saat belajar itu, iseng2 aku bertanya ke beliaunya…

“Proyek ini nanti pak marto yang pegang pak? Ndak nyari back up support pak?” (asli.. aku bukan nyari job… lha wong kerjaanku sendiri aja sudah banyak kok. cuma pas keluar aja rasa kemanusiaankušŸ˜€, secara beliau kan dah sepuh banget, dah 75 tahun lebih. bayangin….. kan gak mungkin banget kalo mesti ngitung2 struktur yang njlimet gitu. mesti ada yang bantu dong…. bener gak? #serasa kayak angel…. :D# )

dan beliau menjawab (halah…. bahasanya itu lo) “oh, saya cuma disuruh bantu aja kok dik… tapi saya itu kalo disuruh bantu gitu seneng sekali. apalagi kalo disuruh belajar hal baru kayak belajar sopware ini, terus apalagi kalo saya bisa menunaikan tugasĀ  sampe selesai, rasanya bahagia sekali…..koyok oleh surgo (dialeknya pake boso jowo)“….

Glodaaaggggg…. rasanya sodara2, aku seperti dapat pukulan hebat yang menohok… (mode:hiperbola ON). Bayangin bapak sesepuh itu masih mau belajar hal2 baru dan itu ke orang2 yang sangaaaaat jauuuuuuhhhh dibawahnya baik umur apalagi ilmunya (waduh… gak usah dibandingin gitu kali ya…. hehe…..). secara beliau itu masternya master didunia air-berair yang sekarang aku geluti. Aku seperti harus ber”muhasabah” sama diriku sendiri…..

Ya Allah, aku seakan amat sangat dapat pelajaran yang berharga sore itu. Dan walopun setelahnya aku masih harus beberapa kali lagi naik-turun-naik-turun ke tempat beliau, selain menjawab telpon2 beliau tentunya…, tapi semua itu sungguh dengan amat senang hati aku mengerjakannya. karena banyak pelajaran berharga yang aku dapat dari “sekedar” ngobrol dengan beliaunya. Semoga sehat terus ya pak….. dan ndak bosen2-nya untuk selalu menularkan ilmu pada kita2 ini…. Amin…..